mahabarakan gasan kula dikampung!

Korelasi Dana Desa & Lapangan Pekerjaan



Salah satu program pembangunan yang bersumber dari dana desa  - foto : iit borneo

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota dan digunakan untuk membiayai Penyelenggaraan Pemerintah, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Fokus penting dari penyaluran dana ini lebih terkait pada implementasi pengalokasian Dana Desa agar bisa sesempurna gagasan para inisiator.

Bagaimana Dana Desa bisa berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja dan menekan angka kemiskinan , Apa kebijakan yang diperlukan guna lebih memasifkan percepatan pembangunan pedesaan dengan pada saat yang sama memberdayakan potensi Sumber Daya desa dan material lokal sehingga memungkinkan terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan.

Sejak tahun 2015 Dana Desa terus meningkat tajam dari 20,67 Trilyun dengan kisaran Rp. 280,3 Juta perdesa hingga menjadi 60 Trilyun atau sekitar 800,4 Juta perdesa nya ditahun 2017. Dengan demikian bisa dikatakan secara teknis janji transfer dana desa mencapai 1 Miliar perdesa telah terwujudkan.

Pembuatan Siring untuk Jalan Usaha Tani yang bersumber dari Dana Desa melibatkan tenaga kerja lokal - foto : iit borneo

Tantangannya kemudian adalah bagaimana Dana Desa yang jumlahnya cukup besar tersebut bisa benar-benar dimanfaatkan untuk membantu mewujudkan terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, bukan sekedar hanya sekedar memfasilitasi  infrastruktur semata tanpa menciptakan akselerasi ekonomi?

Salah satu jalan juga tantangan dalam upaya pemberdayaan masyarakat untuk menemukan strategi percepatan pembangunan dan ekonomi desa guna menghapus kemiskinan serta ketimpangan adalah mendorong kemampuan alokasi dan perintukan dana desa yang dalam kesempatan yang sama bisa menciptakan lapangan kerja bagi warga desa, Projek infrastruktur berjalan beriringan mengejar ketertinggalan terutama di desa desa pinggiran.

Maka pertanyaan mendasar adalah seberapa besar pengaruh Dana Desa bisa menciptakan lapangan kerja dan seberapa banyak bisa menyerap tenaga kerja ?

Data pada tahun 2015 tenaga kerja yang terserap sebagai akibat kontribusi Dana Desa mencapai 1,7 juta jiwa, kemudian pada tahun 2016 tenaga kerja yang ikut berpartisipasi dalam pengelolaan Tenaga kerja sekitar 3,9 Juta jiwa, dan tenaga kerja yang terserap akibat adanya Dana Desa pada tahun 2017 menunjuk pada angka 5 juta jiwa, dari data tersebut dapat dikatakan dari tahun ketahun tingkat penyerapan tenaga kerja mengalami kenaikan hingga 3 kali lipat tiap tahunnya.

Pengurukan JUT menggunakan tenaga kerja dari desa setempat - foto : iit borneo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar