mahabarakan gasan kula dikampung!

Kartu Pra-Kerja! siapa penerima dan apa kegunaannya?

Kartu pra-kerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan dan pemberdayaan, dirancang untuk penanggulangan kemiskinan yang dinilai efektif pada era revolusi industri 4.0.



April 2020 kartu ini di launching mengingat banyak masyarakat yang terdampak oleh wabah pandemi Covid-19, masyarakat banyak yang kehilangan pekerjaan, produksi berkurang, omset menurun, perekonomian menjadi lesu, maka Kartuini dinilai Pemerintah dapat bemberikan manfaat dan solusi seperti :
1. Mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan kerja;
2. Meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan;
3. Mendorog kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch;
4.Menjadikan  komplemen dari pendidikan formal

Mentri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga menjelaskan sasaran Program Kartu Pra-kerja adalah pencari kerja, pekerja, pelaku usaha kecil dan mikro yang terampak oleh wabah Pandemi Covid-19.

Pemerintah juga melakukan pendataan melalui Dinas-dinas Ketenagakerjaan, Pariwisata, Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perddagangan juga pada sektor yang terdampak oleh pengurangan mobilitas masyarakat seperti transportasi dan Ritel.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui Web Resmi Prakerja, www.prakerja.go.id  data calon peserta program tersebut nantinya akan diverifikasi berdasarkan database Kependudukan (Dukcapil) di Kemendagri, Data Pokok Kependidikan (Dapodik) di Kemendikbud, dan DataTerpadu Kesejahteraan Sosial (DTSK) di Kementrian Sosial.

Tahapan tersebut untuk memastikann bahwa peserta Kartu Prakerja sudah sesuai dengan persyaratan yaitu berusia diatas 18 tahun, tidak sedang sekolah/ Kuliah dan untuk mendahulukan masyarakat yang belum menerima berbagai bantuasosial dari Pemerintah agar bantuan dapat dirasakan lebih merata.



dikutip dari Web Prakerja, manfaat dari Kartu Prakerja yakni setiap peserta akan mendapatkan uang tunai senilai Rp. 3.550.000 dengan rincian sebagai berikut :
1. Bantuan Penelitian sebesar Rp. 1.000.000
2. Insentif setelah pelatihan sebesar Rp. 600.000,- per bulan (selama 4 bulan)
3. Insentif Survey kebekerjaan sebesar Rp. 50.000,- per survey (selama 3 kali survey

Bantuan untuk pelatihan akan diberikan secara non-tunai, sementara insentif akan ditransfer ke rekening bak yang telah didaftarkan diakun www.prakerja.go.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar